CERITA GURU DIMASA PANDEMI COVID-19

Screenshot_1

…Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru…

Namamu akan selalu hidup, dalam sanubariku…

Alfajarian… Kita harus selalu ingat nama guru-guru kita ya… Karena sampai kapan pun mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa.

Pengorbanan guru selama 9 bulan di masa pandemi ini, juga jangan pernah dilupakan ya Alfajarian.

Seluruh pendidik, tenaga kependidikan , peserta didik dan wali siswa harus siap  melakukan pembelajaran dengan sistem jarak jauh. Komitmen yang tinggi, kerjasama dan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan untuk kelancaran pelaksanaan pembelajaran sistem dadakan ini.

Guru harus memberikan nasihat atau hal-hal yang bersifat positif, agar siswa tidak terlalu parno alias takut akan pandemi corona. Dilain sisi, guru juga harus memerhatikan mood belajar siswa agar tidak terlalu stres, akibat tugas yang diberikan.

Guru juga harus menguasai cara belajar secara online, melalui zoom, google classroom, whatsapp, line dan sebagainya. Metode yang diterapkan juga akan berbeda dari biasanya, karena belajar tidak secara “face to face”.

Guru pun dituntut mampu mengevaluasi apa kekurangan dari pembelajaran online, masalah-masalah yang timbul pada siswa maupun saat proses pembelajaran.

Saat ini, tak sedikit siswa mulai merasa bosan karena selalu dirumah, dengan tugas yang menumpuk. Alfajarian pasti sudah rindu sekali untuk bertemu dengan bapak ibu guru, teman-teman, dan melakukan rutinitas sekolah setiap hari.

Harapan kita semua, semoga di semester 2 nanti, belajar tatap muka sudah bisa dilakukan. Meskipun masih bertahap, namun itu akan membawa semangat baru agar konsisten menimba ilmu.

Tapi…. Alfajarian harus janji ya, jika nanti sekolah tatap muka jangan abaikan protokol kesehatan, dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Oiya… Ada pesan nih dari guru-guru untuk seluruh orang tua murid. Terima kasih ayah bunda yang sudah dengan sabar, membantu guru mendidik anak-anak di rumah.

Kita harus tetap semangat ya dan yakin esok akan jauh lebih baik.

SELAMAT HARI GURU, PAHLAWAN TANPA TANDA JASAKU!!!

Disusun oleh

 

RINA SARI, M.Pd

Kepala SMP ISLAM AL FAJAR

This Post Has 5 Comments

  1. Rosi

    Setuju sekali Bu Rina, kita harus menghargai para pahlawan khususnya pendidikan yaitu guru kita, rindu berat tatkala hampir 8 bln tak bersua dengan anak-anak… Semoga di semester 2 proses pembelajaran tatap muka bisa dimulai, yah dengan memperhatikan protokol kesehatan…

    Semangat terus para guru hebat….

  2. Titik Nur Haryanti,M.Pd

    Pembelajaran Daring selama masa COVID 19 ini, menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mencegah penyebaran Covid 19. Meskipun pembelajaran Daring ini ada kelebihan dan kekurangannya.Tentunya kita dapat memahami situasi dan kondisi saat ini (Pandemi). Dalam pembelajaran Daring dibutuhkan kerjasamanya antara Orang tua, siswa dan Guru serta saling bersinergi satu sama lainnya. Dengan demikian proses pembelajaran diharapkan bisa berjalan dengan baik. Dukungan orang tua dalam pengawasan putra/pi dalam mengikuti pembelajaran daring sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran tersebut. Pembelajaran daring ini bisa melatih tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan bapak/ibu guru.
    Selama pembelajaran daring ini orangtua sangat membantu wali kelas dalam mengontrol anak-anak dalam mengikuti pembelajaran.
    Saya pribadi sangat mengapresiasi untuk para OrangTua siswa yang sudah menjadi GURU TERBAIK.
    Dan juga tentunya bagi siswa/si yang telah mengikuti pembelajaran daring ini saya sangat bangga atas tanggung jawab kalian sebagai siswa yang baik.
    Semoga COVID 19 ini segera berlalu dan kita bisa melaksanakan pembelajaran secara normal kembali. Stay safe and keep healthy.

  3. Sayid Nurfatah

    Selmat untuk para guru SMP Islam Al-Fajar di peringatan hari guru ini. Sehat selalu dan terus semangat. Covid-19 memang tiada dapat di prediksi kapan berakhirnya tetapi jiwa pendidikan tiada akan pernah mati untuk selalu menghidupkan para insan yang progres dan berperadaban.

  4. Sri Edawati

    Semangat juga buat bapak/ ibu guru dalam mendidik siswa siswinya jangan pernah lelah dalam memberikan kebaikan, semoga ini semua menjadi ladang pahala buat kita semua..Aamiin.
    Selamat hari guru

  5. Robi'ah

    Alhamdulillah, SMP alfajar dg segala upaya mampu mengadakan BDR
    Sukses selalu buat SMP Al fajar
    Mari bergabung di SMP Islam Al Fajar
    Ayah bunda, segera daftarkan ananda, di SMP AF

Leave a Reply

Web Link

KB-TK AL-FAJAR
SD AL-FAJAR
SMP AL-FAJAR
SMA AL-FAJAR
Lets 
JOIN 
WITH US